Select Page


Amsky Indonesia – Bahan sticker yang umum digunakan dan dikenal ada banyak sekali jenisnya. Setiap jenis bahan ini memiliki spesifikasi tersendiri, dan dengan fungsi masing-masing.

Yang banyak menggunakan bahan ini adalah pada bidang usaha digital printing dan juga cutting sticker. Biasanya untuk advertising, ataupun sekedar untuk variasi dalam memperindah tampilan kendaraan dan juga ruangan.

Ada jenis bahan sticker yang bagus untuk di print, tetapi ada juga yang lebih bagus untuk dipotong, tergantung dari jenisnya itu sendiri. Sticker sendiri merupakan jenis lembaran bahan kertas atau plastik yang memiliki daya rekat dengan fungsi menempelkan pada bahan lainnya.

Beberapa jenis yang ada adalah sebagai berikut:

Bahan Sticker Vinyl

Jenis bahan sticker vinyl memiliki permukaan yang halus dan mengkilap (glossy), memiliki ketahanan terhadap air dan memiliki tekstur seperti plastik. Kebanyakan jenis sticker ini digunakan untuk branding pada kendaraan, dan juga untuk membuat sticker print.

Beberapa merk yang umum dan banyak digunakan diantaranya:

  • Ritrama
  • Oracal
  • Politape
  • Orafol
  • Sumo
  • DLL

Bahan Sticker Scothlite

Daya rekat pada bahan sticker scothlite tergolong sangat baik, mampu menempel dengan kuat pada permukaan. Namun karena daya rekatnya yang cukup kuat, maka harus hati-hati dalam melakukan pemasangan, karena kalau salah akan sulit dilepaskan.

Bahan Sticker Scothlite

Scothlite

Sticker ini dapat memantulkan cahaya, jadi jika terkena cahaya akan terlihat berkilau, sehingga sangat cocok digunakan untuk marka jalan. Dan banyak juga digunakan untuk stripping pada kendaraan agar lebih menarik dilihat.

Baca juga: Mesin Digital Printing Terlengkap

Bahan Sticker Oneway

Ini merupakan bahan sticker dengan tekstur yang berlubang, ciri-cirinya adalah tidak dapat melihat dari depan, tetapi dari dalam terlihat. Dalam arti, ketika (contoh) kaca dipasang dengan sticker ini, maka dari luar tidak akan bisa melihat kedalam. Tetapi sebaliknya, dari dalam dapat melihat keluar.

Lebih banyak digunakan untuk branding pada kendaraan, tepatnya untuk menutup kaca dengan sticker oneway vision yang di print. Ini merupakan salah satu jenis bahan sticker yang paling banyak digunakan sebagai media promosi.

Bahan Sticker Chromo

Sticker chromo terbuat dari bahan yang licin, kertas sticker ini dapat dicetak dengan mesin offset atau A3+. Memiliki daya rekat yang bagus, dan banyak digunakan sebagai label, dan promosi.

Jenis bahan ini sangat rentan terhadap air dan mudah sobek, sehingga harus berhati-hati dalam penempatannya. Tidak cocok digunakan untuk luar ruang, karena hasil print atau cetak dapat luntur jika terkena air.

Bahan Sticker HVS

Untuk bahan sticker HVS memiliki ukuran A4 dan ukuran A3, dapat dicetak dengan menggunakan printer inkjet (printer desktop biasa). Jenis bahan sticker ini sangat diminati karena harganya yang tergolong murah, namun kelemahannya tidak memiliki daya rekat yang baik.

Selain itu juga sangat rentan terhadap air, sehingga mudah sobek dan hasil print sangat mudah luntur jika tidak dilaminasi lagi. Itu sebabnya tidak cocok jika digunakan untuk luar ruangan, lebih tepat digunakan untuk label.

Penutup

Pada jasa digital printing sendiri untuk jenis bahan sticker yang banyak dipergunakan adalah jenis vinyl, entah apapun merknya. Karena jenis bahan printing stiker vinyl sendiri ini memang dari segi konsumen juga yaangpaling banyak diminati.

Bahan ini yang biasanya dicetak dengan printer indoor ataupun outdoor, dan pada jenis bahan ini sendiri juga biasanya beda merk maka beda kualtasnya. Sedangkan untuk harga jualnya sendiri lebih bervariatif, tergantung dari beberapa faktor.

Ada beberapa jenis bahan lainnya yang tersedia di pasaran, dan dengan merk yang berbeda-beda. Setiap merk ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, baik soal ketebalan maupun kerekatan bahan tersebut.

Itulah beberapa jenis bahan sticker yang umum digunakan, khususnya pada bidang digital printing dan juga cutting sticker.

  • Bahan Sticker
5
error: Content is protected !!