Amsky Indonesia – Usaha digital printing terus berkembang dan menjamur di Indonesia. Karena ada peluang dari bidang usaha ini yang masih dapat dikembangkan dan dikejar.

Para konsumen dari bidang usaha ini kebanyakan menggunakannya sebagai media advertising. Lalu kemudian untuk variasi pada kendaraan bermotor, seperti untuk stripping atau branding.

Meskipun yang berkecimpung pada bidang usaha ini semakin menjamur, tetapi pangsa pasarnya selalu ada. Karena selama orang masih membutuhkan media advertising, maka peluang akan selalu terbuka.

Dalam membuka usaha ini, memerlukan beberapa peralatan agar operasional dapat berjalan. Walalu memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai ratusan juta.

Peralatan Usaha Digital Printing

Mesin Digital Printing Xuli Outdoor

Ketika akan menjalankan usaha digital printing, ada beberapa peralatan pendukung yang diperlukan. Tentu saja membutuhkan mesin digital printing sebagai peralatan utamanya, selain tentu saja komputer untuk mengoperasikannya.

Untuk komputer ini disarankan menggunakan setidaknya dua buah, untuk menjalankan mesin dan juga desain. Ini untuk menghindari kendala, jika (contohnya) ada virus komputer yang menyerang, karena yang lebih rawan biasanya adalah komputer desain.

Kalau untuk mesin digital printing sendiri tergantung ingin bermain ke arah mana. Jika bermain pada bahan indoor seperti pembuatan x banner atau print sticker, tentu lebih tepat dengan printer indoor ecosolvent.

Jika lebih ke arah pembuatan banner pada bahan flexi, maka menggunakan printer outdoor solvent adalah pilihan yang lebih tepat. Mengingat ukuran lebar area cetak yang sesuai dengan ukuran bahnnya yang mencapai 3,2 meter.

Kalau ukuran printer indoor ecosolvent sendiri untuk area cetaknya 1,6 meter. Jadi memang lebih tepat digunakan untuk print pada bahan indoor karena memiliki ukuran yang sama.

Ada juga yang melengkapi dengan menyediakan mesin cutting sticker, ini berguna ketika ingin bermain pada sticker. Karena hasil print pada bahan tersebut dapat dipotong mengikuti gambar tanpa perlu dilakukan secara manual lagi.

Dan bisa berguna juga untuk menerima orderan cutting sticker yang juga banyak peminatnya. Lainnya mungkin bisa juga dipersiapkan mesin laminasi dengan dengan ukuran 1,5 meter. Tetapi ini optional, hanya terkadang ada saja yang memintanya.

Baca juga: Mesin digital printing indoor

Modal Usaha Digital Printing

Printer Indoor Ecosolvent

Printer Indoor Ecosolvent

Untuk membuka usaha digital printing memang diperlukan biaya modal yang tidak sedikit. Dan ini juga tergantung dari mesin digital printing jenis apa yang digunakan nantinya.

Umtuk ilustrasi harga mesin digital printing dan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Printer indoor ecosolvent Xuli X6-1880 – Rp. 100 juta
  • Printer outdoor Xuli X6-1000 – Rp. 265 juta
  • Mesin cutting sticker MyCut 1,3 meter – 16 juta
  • Komputer  2 unit – 10 juta
  • Tinta indoor ecosolvent – 300 rb/liter/warna
  • Tinta outdoor solvent – 650 rb/galon/warna isi 5 liter

Untuk printer tergantung dari kebutuhan, bisa menggunakan salah satunya saja, kecuali jika memang budget lebih dari cukup. Mesin laminasi sendiri bersifat optional, kisaran harga jualnya antara 7 juta sampai dengan 9 jutaan.

Harga diatas tersebut belum termasuk bahan dan tempat, lalu listrik dan biaya operasional (gaji, dll). Nantinya akan bisa dibuat perbandingan dengan harga jual jasanya, contoh untuk harga cetak banner permeter perseginya.

Harga jual jasa cetak banner atau bahan lain sendiri tergantung lokasinya, karena umumnya berbeda di setiap wilayah. Bahkan dalam satu wilayah seperti Jakarta saja bisa berbeda, ada yang mulai 15 rb/m2, dan ada yang 25 rb/m2.

Baca juga: Mesin cetak banner dengan digital printing

Kesimpulan

Mesin Printing Sticker Murah

Peluang dalam membuka usaha ini masih terbuka lebar, tinggal bagaimana mempromosikan dalam mencari customernya. Dari segi customer sendiri ada yang mengutamakan kualitas hasil cetak, tetapi ada yang mengutamakan harga lebih murah.

Yang memiliki nilai harga jual paling tinggi dari pengamatan di beberapa customer kami adalah cetak bahan sticker. Karena harga jual jasanya yang masih memiliki margin profit yang tinggi.

Sedangkan margin profit untuk cetak banner memang tidak setinggi sticker, tetapi dalam hal quantity atau ukuran masih lebih unggul. Tinggal bagaimana akan memilih untuk bermain di segmen apa, bisa saja pada keduanya dan semua produksi lainnya.

Demikian informasi mengenai peluang usaha digital printing ini, semoga dapat membantu. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang tersedia. Atau silahkan mengisi kolom komentar dibawah ini.

  • Digital Print
5
error: Content is protected !!