Print And Cut Bahan Acrylic

Print And Cut Bahan Acrylic

Amsky Indonesia – Melakukan proses print and cut bahan acrylic sebenarnya susah-susah mudah, namun proses ini memerlukan dua jenis mesin yang berbeda, seperti halnya print and cut bahan sticker.

Hanya bedanya, jika pada bahan sticker menggunakan mesin cutting sticker, sedangkan pada bahan acrylic ini menggunakan mesin laser cutting, dan untuk proses print menggunakan printer jenis uv flatbed.

Print And Cut Bahan Acrylic

Ada beberapa tahap dalam melakukan proses print and cut bahan acrylic ini, dan ada dua pilihan untuk mengerjakannya. Bisa melakukan proses print terlebih dahulu lalu kemudian dipotong, atau bisa juga sebaliknya.

Pengerjaan lebih cepat adalah dengan melakukan proses print terlebih dahulu, baru kemudian melakukan proses cutting. Namun perlu kehati-hatian pada saat mengolah file, karena apabila salah memposisikan titik awal potong, dapat berakibat hasil print tidak dapat di potong sempurna.

Print and cut bahan acrylic

Proses cutting acrylic

Untuk proses yang lebih aman adalah melakukan proses cutting terlebih dahulu, baru dilakukan print, namun memerlukan sedikit waktu extra. Pada printer harus dibuat area cetak untuk memposisikan bahan yang akan di print.

Cara ini akan sedikit lebih aman dalam melakukan print and cut bahan acrylic, karena hasilnya akan lebih presisi. Jadi hasil cutting diposisikan sesuai dengan bentuk mold atau cetakan di printer tersebut, lalu kemudian melakukan proses print.

Mesin digital printing acrylic

Printer yang digunakan untuk print and cut bahan acrylic ini, tidak dapat menggunakan jenis printer biasa. Harus menggunakan jenis mesin digital printing uv, dan harus yang dengan tipe flatbed, karena bahan acrylic sendiri lebih tebal dan datar.

Baca juga: Mesin Digital Printing

Dan penggunaan printer uv ini karena tintanya yang dapat menempel pada bahan acrylic, dan memiliki daya tahan yang cukup baik. Karena tidak semua printer dapat melakukan proses print pada bahan acrylic.

Print and cut pada bahan acrylic

Proses printing

Untuk printer flatbed sendiri biasanya mampu melakukan print pada bahan acrylic dengan ketebalan sampai dengan 20 mm, bahkan ada yang bisa lebih tebal dari ukuran tersebut, sehingga memang cocok untuk cetak pada bahannya.

Sedangkan untuk mesin laser cutting yang digunakan juga dilihat dari spesifikasinya, terlebih untuk power lasernya. Jika melakukan print and cut bahan acrylic dengan ketebalan 2 cm, tentu harus dengan mesin yang memiliki power minimal 130 watt.

  • Print And Cut Acrylic
5

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


error: Content is protected !!