Select Page


Amsky Indonesia – Pada textile yang diproduksi secara custom untuk pakaian atau aksesoris sudah beralih menggunakan teknologi secara digital dalam pengerjaannya. Untuk textile yang dimaksud disini tidak terbatas hanya pada kain saja, tetapi juga kulit atau leather, serta beberapa jenis bahan lainnya.

Biasanya pembuatan secara custom ini untuk produk skala kecil dan menengah, seperti pada UKM atau pabrik yang produksinya tidak terlalu tinggi. Produsen jersey atau pakaian yang mayoritas menggunakan bahan dengan unsur PE / Polyester, serta kulit / leather.

Printer ukuran besar seperti mesin digital printing termasuk yang banyak digunakan pada industri textile, khususnya jenis printer sublimasi. Lalu juga ada mesin laser cutting yang difungsikan untuk memotong pada bahan kulit serta kain.

Mesin Digital Printing Sublimasi

Jenis mesin digital printing sublimasi secara umum sama seperti printer yang digunakan pada digital printing, perbedaannya hanya pada penggunaann tintanya saja. Karena untuk mesin ini sendiri tintanya adalah tinta sublime, yang memang khusus digunakan pada bahan kain saja.

Tetapi untuk catatan, bahan kain tidak dapat langsung di print, namun menggunakan media transfer paper yang kemudian di press pada kain yang akan digunakan.  Dan memerlukan mesin tambahan selain printer, yakni mesin hotpress sebagai penghantar panas antara transfer paper ke bahan tersebut.

Textile Printing Xuli Sublime X6-1880

Xuli Sublime X6-1880

Meskipun memerlukan dua buah mesin dengan dua kali proses kerja, tetapi cara ini lebih banyak dipilih untuk digunakan. Kebanyakan digunakan pada tempat yang memproduksi jersey, handuk, boneka, atapun jenis produk lainnya.

Baca Juga: Mesin Digital Printing Sublimasi

Daya tahan hasil print dan press ini tahan lama dan tidak mudah luntur, tinta menyerap pada bahan secara kuat. Warna hasil press setelah di print terlihat lebih “keluar”, sesuai dengan pola desain yang diinginkan biasanya.

Mesin Laser Cutting

Jenis mesin laser cutting sendiri sebenarnya ada beberapa macam, namun untuk disini hanya dibahas yang digunakan untuk textile dan leather. Yaitu pengerjaan pada bahan kain dan kulit, yang lebih banyak digunakan pada industri pakaian serta UKM.

Meskipun sebagian besar dari jenis mesin ini peruntukannya untuk bahan seperti acrylic dan metal, tetapi ada beberapa yang khusus untuk bahan kain. Namun khusus untuk penggunaan bahan kain ini memang berbeda sendiri, mulai dari bentuk hingga fiturnya, karena menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis mesin laser cutting kain ini memiliki kecepatan yang lebih baik, dan juga tidak membutuhkan power laser yang terlalu besar. Dan biasanya dilengkapi dengan kamera digital sebagai alat bantu yang posisinya tepat berada di atas mesin tersebut.

Lalu ada juga fitur roll tabel, jadi meja pada mesin tersebut bisa berjalan pada saat sebelum atau sesudah melakukan pemotongan. Saat ini pengguna dari mesin laser cutting kain ini baru terbatas pada bidang industri konveksi dan garmen.

Kalau mesin yang digunakan untuk pengerjaan pada bahan kulit sama seperti jenis CO2 laser yang biasanya untuk pengerjaan pada bahan acrylic. Baik digunakan untuk memotong ataupun melakukan proses grafir / engraver, dan ini sudah umum digunakan.

Baca juga: Mesin laser cutting Oree

Namun sebagai catatan, penggunaan mesin ini pada bahan kulit akan menimbulkan efek gosong kehitaman pada hasilnya. Karena ada pengaruh dari efek pembakaran laser, sehingga jika ingin lebih bersih harus dilakukan pembersihan secara manual.

Kisaran harga jual mesin laser cutting kain berada di angka 240 jutaan, tergantung dari ukuran serta power dan fiturnya. Sedangkan untuk CO2 laser biasa berada di angka 100 jutaan, dan itu jenis CO2 laser non-metal dengan power 130 watt.

Tidak semua penyedia jasa laser cutting memiliki jenis mesin yang khusus digunakan pada bahan kain, biasanya hanya jenis CO2 laser biasa. Karena memang terlalu segmented, atau tidak umum penggunaannya, jadi kebanyakan pemilik mesin ini menggunakan untuk produksi hasil jadi sendiri.

Penutup

Penggunaan mesin digital printing sublimasi dan laser cutting kain pada industri textile sudah mulai banyak sekali, karena efisiensi dan kegunaannya. Khususnya pada industri textile printing yang biasanya memproduksi jersey, jilbab, handuk, serta lainnya.

Contoh Hasil Laser Cutting Kain

Contoh Hasil Laser Cutting Kain

Meskipun memang harga jual dari mesin laser cutting kain dan printer sublime ini tergolong tinggi, tetapi sesuai dengan kebutuhan kerjanya. Terlebih lagi bisa melakukan proses kerja yang tidak dapat dilakukan jika menggunakan cara manual.

Demikian informasi mengenai textile printing dan laser cutting kain ini, semoga bermanfaat. Jika berminat atau ada pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi kami melalui no kontak yang tersedia.

  • Textile
5
error: Content is protected !!