Tips memilih mesin digital printing

Tips memilih mesin digital printing

Untuk yang ingin membuka advertising, khususnya digital printing, tentu akan sedikit kesulitan dalam menentukan jenis serta tipe yang ingin digunakan, karena ada beberapa macam jenis dari mesin digital printing ini dengan kemampuan serta peruntukkan yang berbeda.

Printer indoor

Sebagai informasi, jenis mesin printer sendiri ada beberapa jenis yang tersedia, namun yang paling banyak digunakan pada usaha jasa digital printing adalah printer indoor dan outdoor, dan ada beberapa tempat yang dilengkapi juga dengan jenis printer uv.

Lebih jelasnya kami akan tuliskan beberapa tips dalam memilih mesin digital printing yang sesuai dengan kebutuhan serta arah pasar yang dituju, yaitu:

Mesin digital printing yang sesuai

Lihat terlebih dahulu arah pasar yang dituju, atau jika sudah ada pekerjaan yang menunggu, pastikan bahan yang akan digunakan, sebagai contoh, apabila banyak menggunakan bahan albatros, luster, canvas, atau vinyl, akan lebih baik menggunakan mesin digital printing indoor.

Printer eco solvent

Jika lebih banyak menggunakan bahan flexi untuk membuat banner dalam ukuran besar, maka akan lebih tepat apabila menggunakan jenis mesin digital printing outdoor, selain karena ukuran area print yang lebih besar, juga karena cost produksi yang lebih murah.

Printer outdoor memiliki lebar area print yang mencapai 3,2 meter, dan printer indoor memiliki lebar area print 1,6 meter, sedangkan untuk harga tinta Xuli printer indoor mencapai 350 ribu perliter, dan harga tinta solvent printer outdoor 30 PL mencapai 650 ribu perliter.

Printer outdoor

Apabila lebih banyak produksi jersey atau print bahan kain, maka lebih tepat menggunakan printer sublimasi, karena memang khusus digunakan pada bahan kain, untuk mesinnya sendiri sama seperti printer indoor, tetapi tintanya diganti dengan tinta sublime.

Perhitungan BEP

Sebelum memulai usaha digital printing, ada baiknya untuk mengkalkulasikan tingkat pengembalian modal, pelajari terlebih dahulu biaya yang dibutuhkan untuk membeli semua peralatan yang digunakan dalam usaha ini, lalu kemudian hitung juga perkiraan untuk balik modal.

Xuli X6-3200S

Untuk perhitungan pengembalian modal ini bisa dikalkulasikan antara modal pembelian peralatan (termasuk mesin), lalu harga jual jasa print (yang bisa termasuk bahan), kemudian perkiraan pendapatan harian dan bulanan, kemudian diperbandingkan antara modal dan pendapatan.

Biasanya hal ini dapat ditanyakan langsung kepada sales yang menjual mesin printing, atau minta dibuatkan perhitungan BEP dan cost produksinya (jika memang serius untuk membeli), tetapi tidak ada salahnya untuk mengkalkulasikan sendiri untuk bahan perbandingan.

Service center dan spare parts

Ketersediaan spare parts dan service center termasuk vital untuk mesin printing, karena bisa diperlukan pada suatu saat, dan ketersediaan spare parts serta service center yang ada bisa mendukung operasional mesin tersebut, dan ada beberapa bagian yang memang ada masa habisnya (consumable parts).

Beberapa bagian yang pada waktunya harus diganti biasanya yang dilalui oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead, dan bagian-bagian ini juga yang pada umumnya tidak termasuk dalam garansi, jadi pada saat sudah habis atau rusak harus dilakukan pergantian baru.

Signstar SJ 3204P

Pada akhirnya, sebelum memutuskan untuk memilih mesin yang diinginkan, akan lebih baik untuk melihat demo dari printer tersebut terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa printer tersebut sesuai dengan kebutuhan yang dimaksud.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


error: Content is protected !!