Tips memilih mesin laser cutting

Berikut ini adalah tips memilih mesin laser cutting yang sesuai, karena banyaknya jenis, merk, dan tipe yang tersedia di pasaran, sedangkan tidak semua jenis mesin tersebut cocok digunakan untuk pengerjaan yang akan dilakukan, karena fungsi dan kegunaannya juga berbeda.

Tips

Sebelumnya untuk jenis dan tipe yang ada silahkan baca: mesin laser cutting.

Untuk yang sebelumnya sudah menggunakan jenis mesin ini mungkin sudah mengerti bagaimana membedakan mesin yang memiliki kualitas kerja yang baik, ataupun yang memiliki kinerka yang stabil, tetapi untuk yang baru ingin membeli mungkin akan sedikit kebingungan.

Tips memilih mesin laser cutting

Sebelumnya pastikan terebih dahulu bahan yang akan dikerjakan, apabila hanya mengerjakan bahan non metal seperti acrylic, mdf, dan sejenisnya, akan lebih tepat menggunakan mesin laser cutting CO2, kekuatan power laser dan ukuran area kerjanya juga bervariasi.

Oree Laser

Jenis laser cutting CO2 lebih umum digunakan untuk mengerjakan bahan non-metal, karena jika digunakan untuk memotong bahan metal hasilnya tidak akan rapi, dan butuh dilakukan finishing lagi, meskipun tetap bisa digunakan untuk memotong bahan metal, tetapi butuh dua kali kerja dengan finishing.

Dalam memilih mesin laser cutting CO2 ini juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

Power laser

Untuk power laser ada banyak jenis pilihan, mulai dari 60 watt, 130 watt, sampai dengan 500 watt, semakin besar power makan bisa semakin tebal bahan yang dapat dipotong, sebagai contoh mesin dengan power 130 watt bisa memotong bahan acrylic yang memiliki ketebalan sampai dengan 2 cm.

Lasertube CO2

Namun semakin besar power dari mesin laser cutting tersebut, maka semakin mahal harganya, sehingga perlu diperhatikan kebutuhan penggunaan dari bahan yang akan dipotong atau dikerjakan, sehingga bisa menghemat budget pembelian.

Area potong

Ukuran area potong dari mesin tersebut juga berpengaruh terhadap harga, semakin besar ukuran area potong, maka semakin besar harganya, untuk ukuran sendiri yang ada di pasaran mulai dari 60 x 50 cm, 130 x 90 cm, sampai dengan 130 x 250 cm.

Oree O-C 1309

Yang banyak dipakai berdasarkan dari pengalaman penjualan kami adalah yang memiliki ukuran area kerja 130 x 90 cm, dan 130 x 250 cm, namun tentu saja balik lagi dari kebutuhan yang perlukan, apakah membutuhkan ukuran besar atau kecil.

Kinerja mesin

Kinerja mesin laser cutting yang stabil diperlukan untuk memperlancar proses kerja, karena terkadang ada beberapa brand dari mesin tersebut yang rentan terhadap masalah, kendala yang ada biasanya adalah laser yang tidak stabil, mesin yang kurang maksimal, atau hasil potong yang tidak presisi.

Oree O-C 1309

Fisik mesin yang kokoh bisa menjadi salah satu penunjang kinerja yang stabil, terlebih dengan masa pakai mesin yang lebih lama, lalu spare parts yang terdapat pada mesin tersebut juga menjadi salah satu faktor untuk kinerja pada saat melakukan proses kerja.

Tips memilih mesin laser cutting

Selanjutnya untuk yang hanya akan mengerjakan bahan metal saja lebih tepat jika menggunakan jenis mesin fiber laser, jenis ini memang khusus hanya digunakan mengerjakan bahan metal saja, contoh bahan yang dapat dipotong antara lain carbon steel, stainless, kuningan, aluminium, dan lainnya.

Gweike

Bahan aluminium dan kuningan hanya dapat dipotong menggunakan jenis mesin fiber laser tertentu, sedangkan untuk aluminium dan carbon steel bisa menggunakan mesin fiber laser apa saja, namun kelemahan dari mesin ini tidak dapat dipergunakan untuk memotong bahan non-metal seperti acrylic.

Memang ada jenis mesin laser cutting CO2 yang dapat dipergunakan memotong bahan metal dan non-metal, tetapi kualitas hasil potongnya tidak rapi seperti hasil potong dari mesin fiber laser, dan masih membutuhkan finishing lagi untuk lebih halus.

Memilih mesin fiber laser

Jenis mesin fiber laser juga ada banyak sekali merk yang tersedia, dan tidak semuanya memiliki kinerja serta kualitas yang baik, karena tidak beda seperti jenis CO2 laser, ada beberapa faktor yang mempengaruhi mesin tersebut.

Dalam memilih mesin laser cutting metal ini yang perlu diperhatikan selain dari hasil potongnya, juga dari spare parts yang digunakan, seperti motor yang digunakan serta merknya, lalu bisa juga dari merk laser generator dari mesin tersebut.

Fiber laser

Banyak faktor yang perlu di perhatikan agar tidak salah dalam memilih, mengingat harga mesin laser cutting jenis fiber laser ini yang cukup tinggi, dan akan lebih baik jika melihat langsung dari demo mesin tersebut, sehingga hasil dan kinerja dari mesin tersebut bisa terlihat langsung.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


error: Content is protected !!